Mengajak Anak Turun ke Dapur

Banyak ibu-ibu mengeluh karena anak-anaknya susah makan, jadi butuh tips agar makanannya lebih bervariasi.

Pendekatan yang pertama adalah dengan mengolah makanan berupa bento bermacam-macam warnah yang cerah dan beraneka bentuk kartun yang disukai anak untuk menarik perhatian anak agar mau memakannya.

Pendekatan kedua adalah memperkanalkan bahan makanan ketika berbelanja. Karena biasanya belanja tidak setiap hari, normalnya seminggu dua kali, maka bisa ajak anak-anak serta. Untuk anak yang sudah lebih mengerti, maka kalau ada hal baru baginya maka akan langsung bertanya. Kalau kita belanja macam-macam pun pasti dia ingin tahu mau dibuat apa saja. Nah disaat seperti ini informasi baru bisa dimasukkan ke dalam kepala anak-anak.

Pendekatan yang ketiga adalah dengan mengajak mereka berkutat di dapur. Selain untuk membantu, juga mengajari mereka tentang aneka bahan makanan dan cara memasaknya. Tak hanya masak-memasak, acara membuat kue bersama merupakan salah satu acara favorit anak-anak di rumah. Masak memasak masih agak berbahaya bagi si kecil. Tentunya harus dengan ekstra pengawasan orang tua jika tidak mau berakibat fatal pada si buah hati.

Membuat kue mereka lebih bebas. Mereka bisa membantu memegang mixer, menimbang bahan, mengadon. Jika membuat kue kering mereka juga boleh mencetak dan menghias sesuai keinginan masing-masing.

Si buah hati pasti bangga sekali mereka dengan hasil karyanya. Karena bangga dan percaya diri, mereka makan dengan lahap apa yang telah dibuatnya. Dan sebagai orang tua sudah selayaknya memberi pujian sepantasnya pada si buah hati.

Walau menyenangkan bagi anak-anak, tentu ada tak enaknya bagi ibunya. Dapur jadi berantakan, bekas bahan makanan atau kue berserakan, atau tumpah. Tapi jika dengan demikian buah hati bisa banyak belajar, tentu para ibu tak keberatan, bukan?🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: