Cara Membuat Bento Sederhana

Membuat bento itu gampang-gampang susah, tergantung bagamana kita menginginkannya. Jika mau cantik dan super kawaiii perlu perjuangan (waktu dan usaha) lebih, tapi jika kita ingin membuat bento alakadarnya jangan pula dibuat repot. Membuat bento tergantung daya kreasi kita dan juga keterampilan. Semakin sering membuatnya akan terasa lebih mudah dan cepat. Selanjutnya bisa membuat kita tergoda untuk membuat bento-bento yang lebih rumit seperti charaben.

( gambar di ambil dari google images )

dannychoo_bento.jpg

Charaben atau kyaraben adalah kependekan dari character bento. Bento yang dihias menyerupai karakter tertentu seperti manusia, binatang, tokoh kartun seperti mickey mouse, hello kity, dll.  Namun  berhubung saya juga masih belajar membuat charaben dan masih belum  berani membuat charaben yang rumit-rumit, jadi kali ini saya hanya ingin berbagi cara membuat bento sederhana.

Bahan-bahan yang diperlukan adalah

  1. selembar daun salat,
  2. onigiri berbentuk binatang,
  3. wortel.

Sedangkan peralatan yang digunakan adalah

  1. kotak makan,
  2. serutan sayuran,
  3. cetakan kue bentuk bunga
  4. sebuah foodpick (tusuk makanan).

Cara pembuatannya adalah

  1. Pertama-tama buat hiasan bentonya terlebih dahulu, untuk  bento ini saya hanya menggunakan wortel saja yang dicetak menggunakan cetakan kue berbentuk bunga.
  2. Buat serutan wortel dengan menggunakan serutan sayuran. Kemudian gulung hasil serutan tersebut hingga menyerupai bunga mawar.
  3. Letakkan daun selada di atas bento (bisa lebih dari satu buah, biasanya untuk sekeliling bekal atau menjadi pembatas antara nasi dengan lauk lainnya. Pembatas atau pemisah makanan bentuknya bisa bermacam-macam, bahkan sudah ada yang sintetik (terbuat dari plastik atau silikon). Tapi saya lebih senang menggunakan salat karena bisa dimakan dan akan terlihat lebih segar di kotak makanan.
  4. Kemudian letakkan onigiri yang sudah dicetak, atur sedemikian rupa.
  5. Atur tata letak hiasan yang sudah kita buat tadi di atas bekal, Jika akan dibawa ketempat jauh, sebaiknya bento di susun lebih rapat dan padat, jika tidak, susunannya bisa berantakan.

Prinsip utama bento memang harus terlihat padat, sehingga ketika dibawa dan terombang ambing diperjalanan, makanan yang di dalam kotak tidak akan berubah atau bergeser dan ketika di buka masih akan tetap terlihat cantik. Karena bento yang ini tidak akan dibawa terlalu jauh, jadi saya buat agak longgar selain itu sengaja untuk mengurangi porsi (porsi diet).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: